Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Bangkala dengan Menggunakan Metode Unplugged Pada Aspek Kognitif Dalam Pelajaran TIK.

Said, Hesti Lestari (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Bangkala dengan Menggunakan Metode Unplugged Pada Aspek Kognitif Dalam Pelajaran TIK. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HESTI LESTARI SAID_.docx

Download (41kB)

Abstract

Hesti Lestari Said, 1329040058. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Bangkala dengan Menggunakan Metode Unplugged Pada Aspek Kognitif Dalam Pelajaran TIK. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Pembimbing: Al Imran dan Alimuddin Sa’ban Miru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan metode pembelajararan unplugged dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran TIK di SMPN 5 Bangkala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bangkala dengan jumlah siswa 25 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran unplugged untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara mencari rata-rata dan persentase sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 60% atau 15 orang siswa yang tuntas pada siklus I dengan rata-rata nilai keselurah siswa 73,6 Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan siswa menjadi 20 orang siswa atau dengan persentase 80% dengan rata-rata nilai keseluruhan siswa 79,2. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran unpluuged dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran TIK di SMP Negeri 5 Bangkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajara Unplugged, PTK
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:32
Last Modified: 28 Jun 2019 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item