Penerapan Metode Peer Lessons berbasis Mind Mapping pada pembelajaran Dasar Desain Grafis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Gowa.

Abdullah, Andika (2018) Penerapan Metode Peer Lessons berbasis Mind Mapping pada pembelajaran Dasar Desain Grafis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDIKA ABDULLAH_.docx

Download (91kB)

Abstract

Andika Abdullah, 1429041026. Penerapan Metode Peer Lessons berbasis Mind Mapping pada pembelajaran Dasar Desain Grafis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Gowa. Dibimbing oleh Alimuddin Sa’ban Miru dan Hasanah Nur pada Program Studi Pendididkan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dasar desain grafis di SMK Negeri 4 Gowa, (2) menemukan kendala-kendala dalam penerapan metode peer lessons berbasis mind mapping pada pembelajaran dasar desain grafis di SMK Negeri 4 Gowa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu Penerapan penerapan metode peer lessons berbasis mind mapping pada pembelajaran dasar desain grafis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKJ 4 SMK Negeri 4 Gowa dengan jumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dicapai, yaitu pada tes awal (pre test) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Dasar Desain Grafis peserta didik berada pada kategori nilai KKM. Pada tes akhir (post test) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Dasar Desain Grafis berada pada kategori mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Dasar Desain Grafis dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran peer lessons berbasis mind mapping pada peserta didik kelas X TKJ 4 di SMK Negeri 4 Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peer Lessons berbasis Mind Mapping, Hasil Belajar, Desain Grafis
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:31
Last Modified: 28 Jun 2019 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item