Rancang Bangun Aplikasi Seleksi Penerimaan Santri Baru Berbasis Web pada Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang

Syafitri, Achmad Nur (2019) Rancang Bangun Aplikasi Seleksi Penerimaan Santri Baru Berbasis Web pada Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ACHMAD NUR SYAFITRI_.docx

Download (65kB)

Abstract

Achmad Nur Syafitri, 1229041058. Rancang Bangun Aplikasi Seleksi Penerimaan Santri Baru Berbasis Web pada Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Makassar: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, 2019, Pembimbing: Al Imran dan Iwan Suhardi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi seleksi penerimaan santri baru berbasis web yang memenuhi standar kualitas ISO 9126 ditinjau dari aspek functionality, efficiency, portability dan usability. Aplikasi ini akan digunakan pada pelaksanaan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model waterfall dalam pembuatan aplikasi yang dimulai dari tahap analisis kebutuhan (requirement), perancangan (design), pengkodean (coding) dan diakhiri dengan tahap pengujian (testing). Aplikasi ini dibuat dengan software Adobe Dreamweaver menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP serta database MySQL. Pengujian aspek functionality dilakukan dengan validasi aplikasi oleh dua orang ahli, pengujian aspek efficiency dilakukan dengan mengukur response time aplikasi menggunakan software WAPT 10.0, pengujian aspek portability dilakukan dengan menjalankan aplikasi pada beberapa browser yang berbeda dan pengujian aspek usability dilakukan dengan mengumpulkan respon dan tanggapan pengguna aplikasi menggunakan metode System Usability Questionnaire oleh Lewis J.R. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi lolos uji aspek functionality karena setiap fungsi yang diuji dapat berjalan dengan baik, aplikasi juga dinyatakan lolos uji aspek efficiency dengan perolehan rating sangat baik. Hasil pengujian untuk aspek portability menunjukkan bahwa aplikasi dapat dioperasikan pada berbagai jenis browser, sementara hasil pengujian aspek usability berdasarkan respon dan tanggapan pengguna terhadap aplikasi membuktikan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Web, HTML, ISO 9126, MySQL, PHP
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:31
Last Modified: 28 Jun 2019 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item