KETERAMPILAN MENGONVERSI TEKS CERPEN TRAGEDI DI MEJA MAKAN MENJADI TEKS DRAMA TRAGEDI DENGAN STRATEGI STRATTA SISWA KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 11 MAKASSAR

R. MUDA, FABIANUS (2019) KETERAMPILAN MENGONVERSI TEKS CERPEN TRAGEDI DI MEJA MAKAN MENJADI TEKS DRAMA TRAGEDI DENGAN STRATEGI STRATTA SISWA KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 11 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan mengonversi teks cerpen Tragedi di Meja Makan menjadi teks drama Tragedi dilihat dari struktur teks siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 11 Makassar; (2) mendeskripsikan keterampilan mengonversi teks cerpen Tragedi di Meja Makan menjadi teks drama Tragedi dilihat dari fitur bahasa siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 11 Makassar; dan (3) mendeskripsikan keterampilan mengonversi teks cerpen Tragedi di Meja Makan menjadi teks drama Tragedi dilihat dari fitur teks teks siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 312 orang siswa terbagi atas 10 kelas. Penarikan sampel dilakukan secara acak (random sampling), dan terpilih XI MIA 4 sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes tersebut digunakan untuk mengukur keterampilan mengonversi cerpen menjadi teks drama. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan hasil keterampilan mengonversi teks cerpen menjadi teks drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan siswa dalam mengonversi teks cerpen menjadi teks drama dilihat dari struktur teks, berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 23 orang (82,14%) dari 28 siswa; (2) Keterampilan siswa dalam mengonversi teks cerpen menjadi teks drama dilihat dari fitur bahasa, berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80,53. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 16 orang (57,14%) dari 28 siswa, dan (3) Keterampilan siswa dalam mengonversi teks cerpen menjadi teks drama dilihat dari fitur teks, berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,44. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 22 orang (78,57%) dari 28 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 11 Makassar terampil mengonversi teks cerpen Tragedi di Meja Makan menjadi teks drama Tragedi. Kata Kunci: Cerpen, Drama, Strategi Stratta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:49
Last Modified: 27 Jun 2019 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item