PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMN KONSEP MURID SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Salmawanti, Salmawanti and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMN KONSEP MURID SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
11. JURNAL SALMAWANTI.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)untuk mengetahui gambaran penerapan, pembelajaran Keterampilan Proses dalam pembelajaran IPA. (2)nntuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman Konsep IPA murid. (3)untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan penerapan pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep murid SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Keterampilan Proses dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres12/79 Lonrae kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VI.A 20 orang menggunakan penerapan pendekatan Keterampilan Proses dan kelas VIB 20 orang tidak menggunakan penerapan pembelajaran Keterampilan proses. Tekhnik pengambilan sampelnya digunakan random sampling. Untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data digunakan uji Persentase dan uji T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran penerapan pembelajaran Keterampilan Proses dalam pembelajaran IPA berada pada kategori baik, (2) Gambaran kemampuan Pemahaman Konsep murid dalam pembelajaran IPA berada pada kategori tinggi, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan penerapan pembelajaran Keterampilan Proses dalam pembelajaran IPA terhadap Pemahaman Konsep murid SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:15
Last Modified: 27 Jun 2019 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item