PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MURID SDN 27 PASSIPPO KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE

Yulianthy Y, Yulianthy Y and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MURID SDN 27 PASSIPPO KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
12. JURNAL YULIANTHY Y.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan Problem Based Learning; Untuk mengetahui gambaran kemampuan penyelesaian masalah matematika murid; dan untuk mengetahui ada pengaruh positif dan signifikan penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika murid SDN 27 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Pada penelitian ini terdapat 2 variabel: variabel bebas adalah pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan penyelesaian masalah. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 27 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Yang terpilih adalah kelas VI.A sebanyak 20 orang tidak menggunakan penerapan Problem Based Learning dan VIB sebanyak 20 orang menggunakan penerapan Problem Based Learning. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tes deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penerapan Problem Based Learning SDN 27 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi, (2) Gambaran kemampuan penyelesaian masalah matematika murid SDN 27 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika murid SDN 27 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone Kata Kunci: Penerapan pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:12
Last Modified: 27 Jun 2019 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item