PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

NENG, MUH.NENG (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
6. JURNAL MUH. NENG.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi 1) Reliabilitas, 2) Uji Normalitas, 3) Uji Homogenitas, dan 4) Uji Hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 90 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah 13 murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sangat tinggi, (ii) gambaran kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu kemampuan berkomunikasi murid pada pelajaran IPS pada pada saat pemberian pre-test masuk pada kategori masih kurang. Sedangkan (iii) penggunaan pembelajaran tipe Talking Stick dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Kata kunci: Pembelajaran Tipe Talking Stick, blog, Kemampuan Berkomunikasi Murid

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:04
Last Modified: 27 Jun 2019 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item