LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL : STUDI KASUS PADA PENGRAJIN PERAHU PHINISI DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

Jafar, Alfian Pratama (2019) LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL : STUDI KASUS PADA PENGRAJIN PERAHU PHINISI DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI alfian pratama.pdf

Download (1MB) | Preview

Dalam menghadapi era Globalisasi Ekonomi para pengrajin perahu phinisi tetap bertahan pada pekerjaan yang di gelutinya karena mereka ingin mempertahankan budaya daerah. Para pengrajin dari membuat perahu mampu mensejahterahkan keluarganya dan juga memberi dampak ekonomi untuk masyarakat Bontobahari. Dimasa kini para pengrajin perahu phinisi mengalami peningkatan dan kemajuan ekonomi karena banyaknya pariwisata bahari yang telah dibuka di Indonesia. Pengrajin perahu phinisi dalam mengatur modal awal, mereka menggunakan perjanjian dengan panjar terlebih dahulu dengan pemesan. Dalam pencatatan transaksi di tempat mereka bekerja mengalami perubahan, yang dimana sistem tradisional dalam transaksi berupa kepercayaan dari kedua pihak mengalami perubahan ke pencatatan dengan memakai nota. Hal ini di karenakan sudah banyaknya perkembangan dan kemajuan. Dari keuntungan dalam usaha membuat perahu phinisi para pengrajin sudah banyak yang menginvestasikan uangnya ke bidang usaha lain. Pengrajin perahu phinisi belum memaksimalkan fungsi dari media sosial dalam memasarkan usaha mereka. Hanya ada beberapa yang menggunakannya dikarenakan banyak yang tidak tahu mengoperasikan media sosial itu sendiri. Di era digital para pengrajin dalam membuat perahu tidak memakai grafik dan desain tetapi hanya dengan memakai perkiraan, Hal ini dikarenakan seorang pengrajin perahu phinisi atau (Panrita Lopi) memiliki ilmu yang sifatnya gaib yang hanya di ketahui oleh pengrajin itu sendiri. Perkembangan teknologi banyak membantu para pengrajin dalam memproduksi perahu phinisi karna alat perkakas mereka banyak yang memakai mesin sehingga pembuatan perahu bisa menjadi lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu. Di era digital masih banyak menemui kendala dalam membuat perahu ini dikarenakan lambatnya bahan baku, pemadaman listrik, dan cuaca yang kurang baik. Dalam menghadapi persaingan di era digital para pengrajin perahu phinisi beberapa sudah menggunakan media internet untuk memasarkan pada calon pemesan, dan juga untuk meningkatkan kualitas hasil kapal buatannya untuk menarik hati pemesan. Literasi ekonomi dan literasi digital memiliki keterkaitan dalam peningkatan ekonomi dikalangan pengrajin perahu phinisi. Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet para pengrajin tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas usahanya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:56
Last Modified: 27 Jun 2019 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

View Item View Item