IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI SELATAN

HASANUDDIN, HASANUDDIN (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Hazanuddin.docx

Download (29kB)

HASANUDDIN. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Selatan”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Ramly dan Enung Mariah S,. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, dan (3) penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang semata-mata memaparkan fakta yang ada dalam hal implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Selatan . Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengampu di kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi kelas, dan analisis dokumen. Keseluruhan data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahap: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 2 Sinjai Selatan sudah mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran pada silabus dan RPP. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Sinjai Selatan sudah mengimplementasikan nilai-nilai karakter. Pada tahap penilaian ketercapaian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Sinjai Selatan seringkali menggunakan pengamatan perilaku peserta didik dalam KBM dan di luar KBM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Bahasa Inggris
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:54
Last Modified: 27 Jun 2019 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13699

Actions (login required)

View Item View Item