PERLINDUNGAN PEKERJA PEREMPUAN MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI PADA SPBU GALANGAN KAPAL KOTA MAKASSAR)

Amin, Nur Aslamia (2019) PERLINDUNGAN PEKERJA PEREMPUAN MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI PADA SPBU GALANGAN KAPAL KOTA MAKASSAR). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Nur Aslamia Amin_Jurnal_PPKn FIS UNM.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui pemenuhan hak-hak pekerja perempuan yang bekerja di SPBU Galangan Kapal Kota Makassar (2) Untuk mengetahui prosedur perlindungan pekerja perempuan di SPBU Galangan Kapal Kota Makassar sudah sesuai menurut UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (3) Untuk mengetahui faktor yang menentukan terlaksananya perlindungan pekerja perempuan di SPBU Galangan Kapal Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu 1 orang manager operasional SPBU Galangan Kapal dan 7 orang operator perempuan di SPBU Galangan Kapal. Sedangkan data sekunder yaitu undang-undang, buku-buku, jurnal, paper, dan bahan dari internet. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini yaitu reduksi data, display data dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) pemenuhan hak pekerja perempuan sudah cukup terpenuhi yang meliputi hak cuti menstruasi, hak cuti kehamilan, hak cuti keguguran, hak cuti melahirkan, pemberian waktu kerja, dan waktu lembur (2) perlindungan pekerja perempuan juga cukup terpenuhi pada aspek sosial, aspek teknis (keselamatan kerja), aspek kesehatan kerja, namun pada aspek kesejahteraan pekerja masih perlu pengoptimalan (3) faktor penentu terpenuhinya perlindungan pekerja perempuan adalah adanya keselarasan antara pihak perusahaan dan pekerja perempuan itu sendiri. Kata Kunci: Perlindungan, pekerja, perempuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:46
Last Modified: 26 Jun 2019 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item