ANALISIS NORMATIF SOSIOLOGIS PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN MODEL BANK SAMPAH DI KELURAHAN GUNUNG SARI, KECAMATAN RAPPOCINI, KOTA MAKASSAR

M. Amastang, M. Amastang (2019) ANALISIS NORMATIF SOSIOLOGIS PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN MODEL BANK SAMPAH DI KELURAHAN GUNUNG SARI, KECAMATAN RAPPOCINI, KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1. JURNAL PADI.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaturan hukum tentang pengelolaan sampah, pelaksanaan program bank sampah dan partisipasi masyarakat di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dengan responden di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder yaitu perundang-undangan dan dokumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dan lembar pedoman wawancara, dan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi Data. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) Pengaturan hukum dalam pengelolaan sampah melalui bank sampah, diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012. Pelaksanaannya dalam tingkatan daerah diatur dalam Pasal 7 ayat (3), pelaksanaan bank sampah di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar belum dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan hanya satu bank sampah unit yang aktif beroperasi, yakni Bank Sampah Unit Cokonuri. 2) Pelaksanaan program bank sampah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 pasal 5, yaitu tentang mekanisme bank sampah, belum dilaksanakan secara profesional oleh Bank Sampah Unit Cokonuri. Pendistribusian sampah yang dikelolah oleh Bank Sampah Unit Cokonuri hanya berupa sampah organik, sedangkan untuk jenis sampah anorganik tidak dapat dikelola. 3) Partisipasi masyarakat dalam program bank sampah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 pasal 7 ayat 4, belum berpartisipasi secara maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari segi partisipasi masyarakat pada Bank Sampah Unit Cokonuri yakni hanya 85 Kepala Keluarga yang terdaftar sebagai nasabah dari 300 Kepala Keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2019 01:10
Last Modified: 26 Jun 2019 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item