PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MURID KELAS V SD INPRES 5/81 MALLARI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE

SURIANI, SURIANI and TOLLA, ISMAIL and HALING, ABDUL (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MURID KELAS V SD INPRES 5/81 MALLARI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
8. JURNAL SURIANI.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran saintifik, dan gambaran kemampuan penalaran murid, serta untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan penalaran murid kelas V SD Inpres 5/81 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu pelaksanaan pembelajaran saintifik, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan penalaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-VI berjumlah 172. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yang terpilih adalah kelas V dengan kelas Va sebagai kelompok eksperimen berjumlah 25 murid dan kelas Vb sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 29 murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukkan guru melaksanakan pembelajaran saintifik dengan baik, kemampuan penalaran murid kelompok eksperimen berada pada kategori kurang pada saat pretest sangat baik pada posttest, serta terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan penalaran murid kelas V SD Inpres 5/81 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Kata kunci: Pembelajaran Saintifik, Kemampuan Penalaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:10
Last Modified: 25 Jun 2019 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item