PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MURID SD INPRES 10/73 ULAWENG CINNONG KABUPATEN BONE

Kaharuddin, Kaharuddin and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MURID SD INPRES 10/73 ULAWENG CINNONG KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. JURNAL KAHARUDDIN.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kegairahan belajar akan sangat mempengaruhi kinerja murid dalam pembelajaran. Kegairahan belajar murid yang rendah akan membuat murid sulit membentuk pengetahuan baru. Kegairahan belajar yang tinggi akan memudahkan murid menerima sesuatu yang baru dan menjadikan pengetahuan baru yang diperolehnya semakin bermakna. Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kegairahan belajar murid. Pembelajaran inkuiri terbimbing akan memacu keingintahuan murid dalam menemukan hal-hal yang ingin diketahui murid. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing pada murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone, bagaimanakah gambaran kegairahan belajar pada murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone, apakah ada pengaruh implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kegairahan belajar murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai: implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing pada murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone, kegairahan belajar pada murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone, pengaruh implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kegairahan belajar pada murid di SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif jenis eksperimen. Bentuknya adalah quazi eksperimen. Desainnya adalah non equivalent control group design. Kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian adalah gambaran implementasi pembelajaran inkuiri tebimbing adalah orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi, penutup, dan rata-rata hasilnya berada pada kategori tinggi. Gambaran kegairahan belajar pada pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori sedang, sedangkan pada posttest kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan pada kelompok kontrol berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan kegairahan belajar posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, berdasarkan hal tersebut menunjukkan ada pengaruh implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kegairahan belajar murid SD Inpres 10/73 Ulaweng Cinnong Kabupaten Bone. Kata Kunci: Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing, kegairahan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:06
Last Modified: 25 Jun 2019 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item