PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN IPA MURID SDN 229 PASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

SUDIRMAN, SUDIRMAN and TOLLA, ISMAIL and HALING, ABDUL (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN IPA MURID SDN 229 PASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
17. JURNAL SUDIRMAN.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model STAD dalam pembelajaran IPA dan kemampuan kerjasama murid SDN 229 Pasaka serta pengaruh dan signifikan penerapan model STAD terhadap kemampuan kerjasama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen.Teknik pengumpulan data melalui instrument non tes berupa lembar observasi. Populasinya adalah peserta didik SDN 229 Pasaka yang berjumlah 150 orang. Penyampelan diperoleh 20 orang siswa kelas 6 sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data keterlaksanaan STAD pada kelas eksprimen termasuk dalam kategori sangat baik dan kemampuan kerjasamanya juga sangat baik. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran STAD terhadap kemampuan kerjasama di SDN No. 229 Pasaka kecamatan Sibulue kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:02
Last Modified: 25 Jun 2019 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item