Sunniati, Sunniati and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
13. JURNAL SUNNIATI.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif masih rendah karena guru lebih domonan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan bersifat konvensional oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran open ended problem, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif murid, dan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I–VI SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan guru melaksanakan pembelajaran open ended problem dengan baik, murid juga aktif dalam proses pembelajaran open ended problem, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok eksperimen meningkat dari kategori cukup menjadi kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, dan terdapat pengaruh implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Kata kunci: Pembelajaran Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 06:58 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 06:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13640 |
Actions (login required)
View Item |