PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK (STUDENT ACTIVE LEARNING) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MURID DI SD INPRES 12/79 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Marhawa, Marhawa and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK (STUDENT ACTIVE LEARNING) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MURID DI SD INPRES 12/79 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4. JURNAL MARHAWA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kedisiplinan belajar murid di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran penerapan metode pembelajaran aktif berpusat pada peserta didik di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kedisiplinan belajar murid di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone? dan (iii) Apakah penerapan metode pembelajaran aktif berpusat pada peserta didik berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar murid di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan statistik Uji t dengan pensyaratan 1) Uji Normalitas, 2) Uji Homogenitas, 3) Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran penerapan metode pembelajaran aktif berpusat pada murid di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone, yaitu a) Berbagi informasi (Information Sharing) dengan cara curah gagasan (Brainstorming), kooperatif, kolaboratif, diskusi kelompok (Gruop Discussion), diskusi panel (Panel Discussion), simposium, dan seminar, b) Belajar dari pengalaman (Experience Based) dengan cara simulasi, bermain peran (Roleplay), permainan (Game), dan kelompok temu dan c) Pembelajaran melalui pemecahan masalah (Problem Solving Based) dengan cara studi kasus, tutorial, lokakarya (ii) gambaran kedisiplinan belajar murid di SD Inpres 12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupten Bone yaitu hasil kedisiplinan belajar murid pada pelajaran IPA pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai tinggi. Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPA pada kedua kelompok di atas, maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk kedisiplinan belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran aktif berpusat pada peserta didik dengan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Kata kunci: Metode Pembelajaran Aktif Berpusat Pada Peserta Didik, blog, Kedisiplinan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:51
Last Modified: 25 Jun 2019 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item