PENGARUHPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP MINAT BELAJAR MURID SDN NO. 33 PATALASSANG KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

Abdullah, Dahlia and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2019) PENGARUHPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP MINAT BELAJAR MURID SDN NO. 33 PATALASSANG KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
10. JURNAL DAHLIA ABDULLAH.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples, minat belajar murid, dan Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples Terhadap Minat Belajar Murid SDN No. 33 Patalassang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu pra-eksperimen yang menggunakan one group pretest-postest design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu penerapan metode pembelajaran Example Non examples dan variabel terikat yaitu minat belajar murid. Populasi penelitian ini adalah murid SDN No. 33 Patalassang Kecamatan sinjai Timur Kabupaten Sinjai yang berjumlah 136 orang, sedangkan sampel adalah murid kelas V berjumlah 28 murid. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner minat belajar dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi uji normalitas dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25 (for windows). Hasil penelitian menunjukkan secara deskriptif bahwa: (i) gambaran Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples sudah sangat baik, (ii) gambaran minat belajar IPA sebelum Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples berada pada kategori cukup dan setelah Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Penerapan Metode Pembelajaran Example Non examples terhadapminat belajar murid pada taraf nyata α = 0,05. Kata kunci: metode pembelajaran example non examples, minat belajar murid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:43
Last Modified: 25 Jun 2019 04:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item