PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MURID SD NEGERI 111 LEMBANG GOGOSO KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI

HAFIDAH, HAFIDAH and SAMAD, SULAIMAN and MUSTAFA, MUSTAFA (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MURID SD NEGERI 111 LEMBANG GOGOSO KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
14. JURNAL HAFIDAH.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian bersifat quasi eksperimen atau eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui. Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Bagaimana gambaran keaktifan belajar Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Apakah ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai yang berjumlah 190 siswa Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara total 44 sampel sehingga terpilih kelompok eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 22 siswa.Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan inferensial melalui program SPSS 20 pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan tellulimpoe Kabupaten Sinjai dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada umumnya terlaksana dengan baik. Gambaran keaktifan belajar Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai pada mata pelajaran terjadi peningkatan dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi. Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar Murid SD Negeri 111 Lembang Gogoso Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Ini sesuai dengan hasil uji-t dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,000< α 0,05 Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:39
Last Modified: 25 Jun 2019 04:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item