PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LOGIKA MURID KELAS IV SD INPRES 12/79 TAKECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Mariani, Mariani and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LOGIKA MURID KELAS IV SD INPRES 12/79 TAKECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
5. JURNAL MARIANI.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik, memperolah gambaran kemampuan logika murid, dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan logika murid kelas IV SD Inpres 12/79 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas I–VI yang berjumlah 171 murid. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas IV sebanyak 41 murid yang terdiri dari 21 murid kelas IVa dan 20 murid kelas IVb. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.Hasil penelitian menunjukkan guru melaksanakan Pembelajaran Matematika Realistik sesuai dengan langkah-langkahnya dengan kategori sangat tinggi, murid aktif dalam Pembelajaran Matematika Realistik, kemampuan logika murid mengalami peningkatansetelah diterapkannya Pembelajaran Matematika Realistik, yang sebelumnya berada pada kategori cukup meningkat dan berada pada kategori sangat tinggi, dan terdapat pengaruh pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan logika murid. Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Logika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:33
Last Modified: 25 Jun 2019 04:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item