Penerapan Media pembelajaran Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di Smk Komputer Mutiara Ilmu Makassar

Masdan, Nurfaedah and Zulhajji, Zulhajji and Harifuddin, Harifuddin (2018) Penerapan Media pembelajaran Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di Smk Komputer Mutiara Ilmu Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
36. Skripsi Nurfaedah.docx

Download (77kB)

Abstract

Nurfaedah Masdan, 1429042084. Penerapan Media pembelajaran Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di Smk Komputer Mutiara Ilmu Makassar. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Pembimbing: Zulhajji dan H. Harifuddin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui hasil rancangan simulasi topologi jaringan, hasil belajar siswa dan tanggapan siswa dengan Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di Smk Komputer Mutiara Ilmu Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar Kelas X TKJ 2. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil perancangan simulasi topologi jaringan siswa berupa topologi bus, topologi ring, topologi star, topologi tree, dan topologi mesh. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada awal siklus I yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase sebesar 16,66%dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 30 orang dengan persentase 83,33%. Nilai pada siklus II yang tuntas 31 dengan persentase 86,11% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 13,88%. Tanggapan siswa dengan hasil angket 96.53% menyatakan setuju dengan penerapan media aplikasi Cisco Packet Tracer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cisco Packet Tracer, Hasil Belajar, Tanggapan Siswa.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:09
Last Modified: 25 Jun 2019 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item