PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

Dalle, Ambo and Samad, Sulaiman and Faisal, Muhammad (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDIAL TERHADAP GAIRAH BELAJAR MURID SD INPRES 12/79 LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
9. JURNAL AMBO DALLE.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya gairah belajar murid di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran remidial berpengaruh terhadap gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran remidial di SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu 1) tes ulang, 2) pemberian tugas tambahan, 3) Pembelajaran ulang (penjelasan-penjelasan ulang), 4) belajar mandiri kemudian tes, 5) belajar kelompok dengan bimbingan guru dan 6) belajar kelompok dengan bimbingan murid yang telah tuntas belajarnya, (ii) gambaran gairah belajar murid SD Inpres 12/79 Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu hasil gairah belajar murid pada pelajaran IPS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai rerata sebesar 88,75 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai rerata sebesar 78,33 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65. Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk materi IPS pada kedua kelompok di atas, maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk gairah belajar murid pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen yang melaksanakan pembelajaran remidial dengan kelompok kontrol yang tanpa melaksanakan pembelajaran remidial. Kata kunci: Pembelajaran Remidial, blog, Gairah Belajar Murid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:23
Last Modified: 24 Jun 2019 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item