Karakter Moral Peserta Didik Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Kelas V Gugus IV Di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Elpiyanti, Elpiyanti (2019) Karakter Moral Peserta Didik Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Kelas V Gugus IV Di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ELPIYANTI.pdf

Download (366kB) | Preview

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter moral peserta dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw kelas V yang ada di gugus IV Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan factorial design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakter moral dan kinerja peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada katagori sedang, karakter moral peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada katagori sedang, Karakter kinerja peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada katagori sedang, Karakter kinerja peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada katagori sedang, kategori sedang yang dimaksud adalah peserta didik yang memperlihatkan karakter moral dan kinerja namun belum konsisten dan belum terlihat terus menerus. Terdapat perbedaan karakter moral peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw, dan terdapat perbedaan karakter kinerja peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw. Kata Kunci: Karakter, moral, pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:33
Last Modified: 24 Jun 2019 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13612

Actions (login required)

View Item View Item