Penerapan Model Pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (Master) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya Di MTS Miftahul Ulum Toabo

Mega, Mario and Hamid, Marsud and Mudassir, Mudassir (2018) Penerapan Model Pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (Master) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya Di MTS Miftahul Ulum Toabo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
34. Skripsi Mario Mega.docx

Download (23kB)

Abstract

MARIO MEGA. 1229040053. “Penerapan Metode pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (MASTER) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran PRAKARYA Di MTS Miftahul Ulum Toabo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing : Marsud Hamid dan Muddassir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menerapkan penerapan Metode pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (MASTER) pada mata pelajaran PRAKARYA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 18 persen pada pre tes menjadi 82 persen pada siklus I dengan peningkatan sebesar 100 persen pada siklus II. Adapun nilai rata-rata siswa dari 38,81 pada pre tes menjadi 72,2 pada siklus I dengan peningkatan pada siklus II sebesar 85,39. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan Metode pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (MASTER) pada mata pelajaran PRAKARYA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode pembelajaran Mind, Acquire, Search, Trigger, Exhibit dan Reflect (MASTER).
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:09
Last Modified: 25 Jun 2019 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item