Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Malangke Kab. Luwu Utara

D, Dahlia and Bakry, Aminuddin and Malik, Muhammad Nasir (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Malangke Kab. Luwu Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
32. Skripsi Dahlia.docx

Download (49kB)

Abstract

Dahlia D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Malangke Kab. Luwu Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: H. Aminuddin Bakry dan Muh. Nasir Malik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tekonologi Informasi Dan Komunikasi di SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Malangke Kelas IX B dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu Identifikasi Masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai awal atau hasil pretest siswa yang tergolong pada kategori tuntas hanya 3 siswa atau 15% dan 17 siswa berada pada kategori tidak tuntas atau 85%. Pada Siklus I siswa yang tergolong pada kategori tuntas sebanyak 10 siswa atau 50% dan 10 orang siswa pada kategori tidak tuntas atau 50%. Setelah melakukan refleksi tindakan Siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat yaitu sebanyak 19 siswa berada pada kategori tuntas atau 95% dan 1 siswa yang tergolong pada kategori tidak tuntas atau 5%. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tekonologi Informasi Dan Komunikasi di SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Game Tournament, Hasil Belajar, TIK
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:09
Last Modified: 25 Jun 2019 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

View Item View Item