Penerapan Metode Pembelajaran Unplugged Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Dalam Konsep Dasar TIK pada Kelas VII Ibnu Sina SMP Negeri 2 Pangkajene

Jamal, Baso Tenri Alo and Kasim, Syarifuddin and Malik, Muhammad Nasir (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Unplugged Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Dalam Konsep Dasar TIK pada Kelas VII Ibnu Sina SMP Negeri 2 Pangkajene. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
30. Skripsi Baso tenri Alo.docx

Download (49kB)

Abstract

Baso Tenri Alo Jamal. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Unplugged untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif dalam Konsep Dasar TIK pada Kelas VII Ibnu Sina SMP Negeri 2 Pangkajene. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Syarifuddin Kasim dan Muh. Nasir Malik. Penelitian ini bertujuan a) untuk mengetahui metode pembelajaran unplugged dapat meningkatan hasil belajar siswa, b) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Pangkajene dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian a) menunjukkan bahwa nilai awal atau hasil pretest siswa yang tergolong pada kategori tuntas hanya 2 siswa atau 8% dan 23 siswa berada pada kategori tidak tuntas atau 92%. Pada Siklus I siswa yang tergolong pada kategori tuntas sebanyak 16 siswa atau 64% dan 9 orang siswa pada kategori tidak tuntas atau 36%. Setelah melakukan refleksi tindakan Siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat yaitu sebanyak 24 siswa berada pada kategori tuntas atau 96% dan 1 siswa yang tergolong pada kategori tidak tuntas atau 4%, b) setelah penelitian ini dilakukan, menunjukkan rata-rata persentase nilai siswa pada awal atau pretest yaitu 47,04%. Pada siklus I yaitu 69,44%. Setelah melakukan refleksi tindakan siklus II, rata-rata persentase nilai siswa meningkat menjadi 86,08%. Hal ini menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan menerapkan metode pembelajran unplugged sebesar 16,64%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode pembelajaran unplugged, Hasil Belajar, TIK.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:09
Last Modified: 25 Jun 2019 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item