PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 15 BONE

Shazlinda, Nur Shahira (2019) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 15 BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR SHAHIRA SHAZLINDA.pdf

Download (7MB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana komunikasi guru dengan siswa sehingga memberi pengaruh terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen (X) yakni komunikasi guru dengan siswa dan variabel dependen (Y) yakni perilaku belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone yang belajar mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 219 siswa dan ditarik sampel sehingga diperoleh sebanyak 69 siswa (responden). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji hipotesis, analisis korelasi dan koefisien deteminasi. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi guru dengan siswa berada ditingkat kategori sedang dan perilaku belajar siswa berada pada tingkat kategori sedang. Berdasarkan analisis regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara komunikasi guru dengan siswa dan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone. Kata Kunci: komunikasi, guru, siswa, perilaku, belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:09
Last Modified: 25 Jun 2019 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item