ANALISIS FULL DAY SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Tamar, Nirwana (2019) ANALISIS FULL DAY SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nirwana Tamar 1394042026.pdf

Download (8MB) | Preview

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan full day school di SMA Negeri 12 Makassar; bagaimana motivasi belajar ekonomi peserta didik setelah diterapkan full day school; dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan full day school di SMA Negeri 12 Makassar. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dilakukan teknik analisis data yakni kualitatif melalui tahapan 1) pengumpulan data, 2) reduksi, 3) display dan 4) verifikasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan full day school di SMA Negeri 12 Makassar memberikan keuntungan secara akademik dimana dalam penerapan pembelajaran full day school guru menggunakan berbagai metode pengajaran dan pendidikan karakter. Namun, waktu istirahat yang dimiliki peserta didik berkurang setelah diterapkannya full day school. Peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 12 Makassar memiliki motivasi belajar ekonomi yang tinggi. Faktor pendukung penerapan full day school adalah kualitas guru dalam mengajar, lingkungan yang kondusif, dan hubungan sosial yang terjalin dengan baik. Faktor penghambat penerapan full day school adalah sarana dan prasarana yang kurang optimal, peserta didik yang kurang disiplin, dan pemberian tugas pelajaran yang banyak membebani peserta didik. Kata Kunci: Full Day School dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:08
Last Modified: 25 Jun 2019 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item View Item