Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Triwulandari T, Risma (2019) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas V di SD SeKecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Siswa yang dijadikan sampel sebanyak 152 anak dengan menggunakan multistage sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) deskripsi perhatian orang tua berada pada kategori sedang dan untuk prestasi belajar berada pada kategori sedang, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SD se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan agar pihak sekolah melakukan sosialisasi rutin terhadap orang tua siswa tentang pentingnya perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa guna tercapainya mutu pendidikan yang diharapkan. Kata kunci: perhatian orang tua, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:19
Last Modified: 24 Jun 2019 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item