Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

SUNUSI, RASNAWATI NUR R. and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berinteraksi Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika, mengetahui gambaran kemampuan berinteraksi sebelum dan setelah penerapan pemberian umpan balik, dan mengetahui pengaruh pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berinteraksi murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian umpan balik dan variabel terikat adalah kemampuan berinteraksi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.B 30 orang tidak menggunakan penerapan pemberian umpan balik dan 30 orang menggunakan penerapan pemberian umpan balik. Teknik pengampilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument angket, lembar observasi, dokumentasi. Hasil peneliti menunjukkan penerapan metode pembelajaran pemberian umpan balik dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan kemampuan berinteraksi dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan penerapan metode pemberian umpan balik terhadap aktivitas kemampuan berinteraksi dalam pembelajaran matematika pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kata Kunci: Penerapan pemberian umpan balik, Kemampuan Berinteraksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2019 05:14
Last Modified: 21 Jun 2019 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item View Item