Penerapan Metode Pembelajaran Interactive Educational Game “Let Guess” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Kristen Pelangi Makale

FENNISYA, RIZA (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Interactive Educational Game “Let Guess” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Kristen Pelangi Makale. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
RIZA FENNISYA_.docx

Download (53kB)

Abstract

RIZA FENNISYA. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Interactive Educational Game “LET GUESS” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Kristen Pelangi Makale. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing H. Muhammad Yahya dan Mustari S. Lamada Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital melalui penerapan metode Interactive Educational Game “LET GUESS”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ yang berjumlah 21 orang. Data yang diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan metode Interactive Educational Game “LET GUESS” pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode ini persentase hasil belajar siswa kelas X TKJ masih di bawah standar atau kategori belum tuntas (belum mencapai nilai KKM) dan siswa belum aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan metode pembelajaran Interactive Educational Game “LET GUESS” peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ di atas kategori tuntas (telah mencapai nilai KKM) serta siswa semakin aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Interactive Educational Game “LET GUESS” dapat meningkat serta siswa semakin aktif dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X TKJ SMK Kristen Pelangi Makale. Kata Kunci : Metode Interactive Educational Game “LET GUESS”, Peningkatan Hasil Belajar, PTK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Interactive Educational Game “LET GUESS”, Peningkatan Hasil Belajar, PTK.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:32
Last Modified: 21 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13583

Actions (login required)

View Item View Item