Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TKJ Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara

Nisa, Ayu (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TKJ Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ayu.docx

Download (47kB)

Abstract

Ayu Nisa, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TKJ Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Prof. Dr. H. Syahrul, M.Pd. dan Dr. Muh. Yusuf Mappeasse, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem Operasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara Kab. Luwu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Luwu Utara Kelas X TKJ A dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada awal siklus sebesar 58,4 dan siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 13,33%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,6 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase 60%. Nilai rata-rata pada Siklus II sebesar 87,7 dan siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 96,66%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar, Sistem Operasi
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:32
Last Modified: 21 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item