Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene

Irmawati, Ade (2018) Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ade.docx

Download (44kB)

Abstract

Ade Irmawati. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Majene. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Abdul Muis Mappalotteng dan Dyah Vitalocca. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang diajarkan tanpa menggunakan E-Learning dengan yang diajarkan menggunakan E-Learning. Serta mengetahui pengaruh pemanfaatan E-Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 majene. Metode penelitian yg digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group desaign dan pendekatan kuantitatif . penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Majene dengan sampel kelas X TKI 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKI 2 sebagai kelompok Kontrol. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari data instrumen angket hasil belajar siswa. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji validitas, realibiltas, normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji t Polled varian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan Hasil Uji T Polled Varian untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Independent Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa diperoleh nilai sig. = 0,165 > α=0,05 yang berarti Ho Diterima.. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran yang menggunakan dan tidak menggunakan E-Learning Edmodo. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa untuk hasil belajar siswa dengan kriteria Uji Paired Sample T-Test dengan melihat dari hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen diperoleh nilai sig. 0,016 lebih kecil dari α=0,05 yang berarti Ho Ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa E-Learning berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pemanfaatan, E-Learning, Hasil Belajar
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:32
Last Modified: 21 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item