Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ terhadap Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 7 Majene

Irmawati, Irmawati (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ terhadap Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 7 Majene. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Irmawati.docx

Download (42kB)

Abstract

Irmawati, 1329042088. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ terhadap Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 7 Majene. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Pembimbing Muh. Nasir Malik dan Massikki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan persentase peningakatan hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 7 Majene. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 7 Majene yang berjumlah 27 orang dengan rincian 21 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah anlisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajarn Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 7 Majene. Hal ini berdasarkan nilai hasil belajar yang di peroleh peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,67 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 85,52 dengan ketuntasan kelas secara klasikal adalah 92,59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Komputer dan Jaringan Dasar, Hasil Belajar
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:32
Last Modified: 21 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item View Item