USMAN, USMAN and Manda, Darman and Tahir, Thamrin (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
artikel usman m pps unm.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Menganalisis Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Soppeng baik secara langsung maupun tidak langsung. 2) Mengidentifikasivariabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar. Fakta yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI di kabupaten soppeng sebanyak 408 orang . Penarikan sampeldalam penelitian dilakukan dengan konsep Randomyakni,dipilih berjumlah 63 orang peserta didik untuk di jadikan responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur/path analysis dengan menggunakan program SPSS Ver.21. Hasil pengujian secara langsung menunjukkan variabel Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajarpada SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Selanjutnya pengujian secara tidak langsung menunjukkan variabel Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orang Tua dan prestasi belajar melalui motivasi belajar berpengaruh signifikanpada SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Dengan demikian variabel status sosial ekonomi yang mempunyai pengaruh dominan dalam meningkatkan prestasi belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Kata kunci: status sosial ekonomi, perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2) |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 03:24 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 03:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13563 |
Actions (login required)
View Item |