Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Metode Pengenalan Ucapan

Nur, Fahrul Arfandi M (2018) Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Metode Pengenalan Ucapan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FAHRUL ARFANDI M. NUR_.docx

Download (80kB)

Abstract

Fahrul Arfandi M.Nur, 2018. Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Metode Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) Berbasis Android. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Abdul Muis Mappalotteng dan Dyah Darma Andayani Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi belajar bahasa Inggris dengan bantuan teknologi Speech Recognition. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan V-model. Dari serangkaian tahap penelitan tersebut dihasilkan sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris dengan bantuan Speech Recognition pada smartphone android. Pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 9126 yang berfokus pada karakteristik functionality, maintainability, portability, dan usability. Hasil pengujian aspek functionality oleh validasi ahli menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. Pengujian karakteristik maintainability dilakukan dengan uji perangkat lunak pada sub-karakteristik analyzability dan changeability, hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari sisi maintainability aplikasi sangat baik. Pengujian aspek portability dilakukan dengan menjalankan aplikasi pada beberapa perangkat mobile dengan sistem operasi android berbeda, hasilnya menunjukkan bahwa kualitas perangkat lunak dari sisi portability mempunyai skala sangat baik dan telah memenuhi aspek portability. Subjek penelitian pengujian usability adalah 18 responden dari siswa di SMP Negeri 7 Makassar, dari hasil pengujian diperoleh tanggapan aplikasi mempunyai skala sangat baik, untuk keseluruhan karakteristik ISO 9126 yang diujikan, menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak untuk digunakan pada situasi dan kondisi yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Bahasa Inggris, Game, Speech Recognition.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:31
Last Modified: 21 Jun 2019 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13557

Actions (login required)

View Item View Item