PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA2 SMAN 11 LUWU UTARA

Masdariah, Masdariah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA2 SMAN 11 LUWU UTARA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA2 SMAN 11 Luwu Utara melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Luwu Utara dengan subjek penelitian adalah peserta didik XI IPA2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 peserta didik. Data penelitian mengenai peningkatan aktivitas diperoleh melalui lembar observasi peserta didik yang diisi oleh 2 observer tiap pertemuan, data penelitian mengenai peningkatan motivasi diperoleh melalui angket motivasi yang diisi oleh peserta didik di setiap akhir siklus dan data penelitian mengenai hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar pada tiap akhir siklus. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif yaitu deskripsi peningkatan aktivitas, peningkatan motivasi dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yaitu peningkatan dengan rata-rata persentase aktivitas pada siklus I berada pada kategori aktivitas cukup aktif, pada siklus II berada pada kategori aktif dan pada siklus III berada pada kategori sangat aktif, motivasi belajar pada siklus I berada pada kategori cukup meningkat pada siklus II berada pada kategori tinggi dan pada siklus III berada pada kategori sangat tinggi, hasil belajar meningkat dengan ketuntasan klasikal pada siklus I berada pada kategori rendah, meningkat pada siklus II berada pada kategori cukup dan pada siklus III berada pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA2 SMAN 11 Luwu Utara. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:14
Last Modified: 21 Jun 2019 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item