PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA.1 SMA NEGERI 1 PAREPARE

St. Nurhang M., St. Nurhang M. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA.1 SMA NEGERI 1 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel NURHANG.docx

Download (30kB)

Abstract

(The Implementation of Cooperative Learning Model with Course Review Horay (CRH)Type to Improving Activity and Biology Learning Outcomes of Student XI.MIPA.1 Grade in Senior High School 1 of Parepare) ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitaas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan proses pembelajaran dalam hal ini aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 1 Parepare tahun ajaran 2017/2018 pada semester genap dengan jumlah peserta didik 32 orang, laki-laki berjumlah 13 dan perempuan berjumlah 19. Data yang diperoleh yaitu data mengenai aktivitas peserta didik menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik dan data mengenai hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan rata-rata persentase pada siklus I yaitu 53% dan meningkat pada siklus II yaitu 84%, (2) adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Biologi peserta didik pada siklus I yaitu 69,7 meningkat pada siklus II yaitu 81,8 dan diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 47% dengan kategori “belum tuntas” meningkat pada siklus II yaitu 97% dengan kategori “tuntas”. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar biologi, Course Review Horay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:54
Last Modified: 21 Jun 2019 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item View Item