Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto

M, Nurhalimah and Sidin, Udin Sidik and Mappalotteng, Abdul Muis (2018) Penerapan Model Inquiry dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah SMAN 2 Jeneponto. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
26. Skripsi Nurhalimah.docx

Download (55kB)

Abstract

NURHALIMAH M. 2018. Penerapan model inquiry dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 2 Jeneponto. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Udin Sidik Sidin dan Abdul Muis Mappalotteng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan multimedia interaktif dalam model inquiry serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 di SMAN 2 Jeneponto dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Jeneponto. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan presentasi keanekaragaman hayati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 70%. Persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 79%. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 pada mata pelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Inquiry, Peningkatan Hasil Belajar, PTK.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:31
Last Modified: 21 Jun 2019 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item