PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI IPA SMA MAKASSAR RAYA

Salam, Muthmainna (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI IPA SMA MAKASSAR RAYA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi pokok asamm basaa kelas XI SMA yang valid menurut para ahli, praktis menurut respon pendidik dan peserta didik, dan efektif menurut pencapaian tujuan yang ditetapkan. Pada penelitian pengembangan ini digunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 orang peserta didik kelas XI IPA 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar aktivitas dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) perangkat pembelajaran berbasis discovery learning dinyatakan valid dengan RPP yaitu 4,0, Buku Peserta Didik yaitu 3,75, Lembar Kerja Peserta Didik yaitu 3,85, dan Tes Hasil Belajar yaitu 3,79 dan (2) perangkat pembelajaran berbasis discovery learning dinyatakan praktis dengan perolehan persentasi antara 60%-100% (praktis-sangat praktis) berdasarkan penilaian praktisi pendidik dan peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning: (3) perangkat pembelajaran berbasis discovery learning dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik memenuhi standar KKM yaitu 75 dengan nilai N-gain 0,72 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan oleh pendidik menjadi sistem pendukung dalam proses pembelajaran pada materi pokok asam basa. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:23
Last Modified: 21 Jun 2019 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item