Pengembangan Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Khas Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Rahmat, Muhammad Bisri and Ruslan, Ruslan and Bakri, Hasrul (2018) Pengembangan Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Khas Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
18. skripsi bisri fix.docx

Download (59kB)

Abstract

M. Bisri Rahmat, 1429040052, 2018. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Khas Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android, Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Ruslan dan Hasrul Bakri. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pengenalan buah-buahan khas Indonesia menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android dan mengetahui kualitas aplikasi tersebut berdasarkan standar kualitas ISO 9126 yang terdiri dari aspek functionality, reliability, portability dan usability. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototyping dengan tahapan: pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, pengkodean sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Aplikasi dibangun menggunakan software Unity 3D. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik obsevasi, kuesioner dan dokumentasi. Aplikasi divalidasi oleh dua orang ahli media. Aplikasi dievaluasi oleh 5 orang responden. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pengenalan buah-buahan khas Indonesia berbasis android yang bersifat offline. Berdasarkan hasil pengujian ISO 9126 diperoleh hasil: a) pengujian aspek functionality menggunakan metode black box testing bernilai 1 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi aspek functionality; b) pengujian aspek reability menggunakan metode white box terbebas dari kesalahan logika; c) pengujian aspek portability pada beberapa jenis smartphone dan versi Android yang berbeda dapat berjalan dengan baik tanpa kendala; d) pengujian aspek usability kepada 5 responden diperoleh diperoleh nilai rata-rata 4,6 atau seluruh responden memberi penilaian sangat baik artinya aplikasi memiliki kemampuan untuk dipahami, dipelajari, digunakan dan menarik bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android, Aplikasi AR buah-buahan, khas Indonesia,
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:30
Last Modified: 21 Jun 2019 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item