Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi bagi peserta didik SMK Negeri 4 Takalar Menggunakan Adobe Flash

Limba, Ayu Hartina and Karim, Sugeng A. and Taris, Lu`mu (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi bagi peserta didik SMK Negeri 4 Takalar Menggunakan Adobe Flash. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
17. skripsi ayu hartina fix.docx

Download (61kB)

Abstract

Ayu Hartina Limba, 1429041023, 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi bagi Peserta Didik SMK Negeri 4 Takalar Menggunakan Adobe Flash. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negerfi Makassar. Dibimbing oleh Sugeng A. Karim dan Lu’mu Taris. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pendidikan anti korupsi berbasis Adobe Flash bagi Peserta Didik di SMK Negeri 4 Takalar dan untuk mengetahui tanggapan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Adobe Flash bagi Peserta Didik SMK Negeri 4 Takalar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 4 Takalar. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil angket diolah untuk mengetahui respon peserta didik mengenai media pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi. Data yang diperoleh dari angket menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran yang telah divalidasi pada aspek functionality oleh 2 (dua) dosen ahli yang menyatakan bahwa setiap test-case yang dilakukan mendapatkan hasil yang sesuai dengan fungsinya sehingga hasil pengembangan layak digunakan pada tahap uji coba. Media pembelajaran yang telah diuji kepada responden yaitu 29 siswa menunjukkan nilai total rerata 4,43 termasuk dalam kategori sangat baik. Membuktikan hasil evalusi media telah memenuhi/layak. Hasil tanggapan responden yang diperoleh dari 29 orang responden menunjukkan hasil pengembangan media pembelajaran berada pada kategori Baik. Untuk memaksimalkan upaya penanaman nilai-nilai anti korupsi bagi peserta didik melalui pendidikan anti korupsi, perlu digunakan media pembelajaran yang interaktif secara menyeluruh melalui kordinasi dinas pendidikan dan sekolah penyelenggara pendidikan anti korupsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adobe, Flash, Korupsi.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:30
Last Modified: 21 Jun 2019 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item