Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tik Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mare

Syafitri, Rezaldy (2016) Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tik Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mare. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
REZALDY SYAFITRI.docx

Download (83kB)

Abstract

Rezaldy Syafitri, 1229542020. Penerapan Contextual Teaching and Learnig (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mare. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. 2016. Abdul Muis Mappalotteng, Mustari S. Lamada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Mare pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Mare yang terletak di Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 pada semester genap tahun pelajaran 2016 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan, dalam artian pelaksanaan siklus II merupakan kelanjutan perbaikan dari siklus I. Masing-masing siklus diadakan sebanyak tiga kali pertemuan yang terdiri dari tiga kali proses belajar mengajar ditambah satu kali tes siklus. Dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi (Observation ) dan refleksi (Reflection). Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa pada siklus I adalah 70% dan terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siklus II dengan rata-rata persentase yang diperoleh adalah 80,97%. Pada siklus I terdapat 24 siswa atau 64,86% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus II sebanyak 40 siswa atau 94,59% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model CTL dapat meningkatkan hasil belajar TIK di kelas X.1 SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learnig (CTL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran TIK.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:30
Last Modified: 21 Jun 2019 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item