HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN LENGAN, KESEIMBANGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA MURID SDN 310 ASSORAJANG KABUPATEN WAJO

BAHRI, SYAMSUL (2019) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN LENGAN, KESEIMBANGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA MURID SDN 310 ASSORAJANG KABUPATEN WAJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SYAMSUL.pdf

Download (198kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kekuatan lengan, keseimbangan dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan tiga variabel bebas yaitu kekuatan lengan, keseimbangan dan koordinasi mata tangan dengan satu variabel terikat kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini. Populasi penelitan ini adalah murid SDN 310 Assorajang Kabupaten Wajo. Populasi terjangkaunya adalah siswa putra kelas VI yang berjumlah 30 orang murid, sehingga penentuan sampelnya menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05, dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan lengan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini pada murid SDN 310 Assorajang Kabupaten Wajo dengan nilai r sebesar 0,715 (Pvalue< α 0.05); (2) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini pada murid SDN 310 Assorajang Kabupaten Wajo dengan nilai r sebesar 0,711 (Pvalue< α 0.05); (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini pada murid SDN 310 Assorajang Kabupaten Wajo dengan nilai r sebesar 0,717 (Pvalue< α 0.05); (4) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan lengan, keseimbangan dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli mini pada murid SDN 310 Assorajang Kabupaten Wajo dengan nilai (R) sebesar 0,864 (Pvalue< α 0.05); dan nilai Fhitung(F) sebesar25,592.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2019 06:14
Last Modified: 20 Jun 2019 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item