Rancang Bangun Aplikasi Kuis Perantas (Petunjuk Rambu-Rambu Lalu Lintas) Untuk Pengguna Kendaraan Bermotor Menggunakan Ionic Berbasis Android

Mudassir, Mudassir (2016) Rancang Bangun Aplikasi Kuis Perantas (Petunjuk Rambu-Rambu Lalu Lintas) Untuk Pengguna Kendaraan Bermotor Menggunakan Ionic Berbasis Android. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MUDASSIR-1229041048_.docx

Download (39kB)

Abstract

Mudassir, 1229041048, 2016. Rancang Bangun Aplikasi Kuis Perantas (Petunjuk Rambu-Rambu Lalu Lintas) untuk pengguna kendaraan bermotor menggunakan ionic berbasis android. Skripsi. Makassar: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. 2016. Pembimbing: Syamsurijal dan Abdul Muis Mappalotteng. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu aplikasi kuis perantas (petunjuk rambu-rambu lalu lintas) untuk pengendara kendaraan bermotor menggunakan ionic berbasis android menggunakan Cordova dan Ionic Framework dengan menggunakan bahasa pemrograman website HTML5, CSS3, Javascript AngularJS dan gambar ilustrasi menggunakan Corel Draw. Metode yang digunakan pada aplikasi kuis perantas ini adalah metode Prototyping yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan mulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototipe, evaluasi prototipe, mengkodekan aplikasi, menguji aplikasi, evaluasi aplikasi, menggunakan aplikasi. Hasil yang diperoleh dari perancangan aplikasi kuis perantas (petunjuk rambu-rambu lalu lintas) untuk pengendara kendaraan bermotor menggunakan ionic berbasis android adalah sebuah aplikasi kuis yang didalamnya terdapat tiga fitur yaitu fitur kuis sebagai fitur utama dan dua fitur lainnya adalah fitur rambu dan sanksi pidana. Ujicoba yang dilakukan dibagi menjadi dua yaitu Alpha dan Beta, Pengujian Alpha terdiri dari whitebox dan blackbox dan pengujian beta yaitu validasi dan menguji langsung kepada responden. Hasil dari pengujian Alpha diperoleh kesimpulan bahwa fungsi yang terdapat pada aplikasi kuis perantas ini berfungsi dengan baik. dan hasil pengujian beta terhadap aplikasi mendapatkan hasil persentase kelayakan dari validator 1 sebanyak 96%, validator 2 sebanyak 100%, dan validator 3 sebanyak 85% yang berarti dalam kategori sangat baik dan hasil dari 100 responden terhadap aplikasi menunjukkan 87 atau 87% responden berada pada kategori sangat baik, dan 13 atau 13% responden berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Rambu Lalu Lintas,Android.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:29
Last Modified: 21 Jun 2019 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item