PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD INPRES BONTOA KOTA MAKASSAR

Suldiana, Suldiana (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD INPRES BONTOA KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3 ARTIKEL PENELITIAN SULDIANA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pendekatan saintifik di kelas IV SD Inpres Bontoa Kota Makassar (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Inpres Bontoa Kota Makassar; (3) mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Inpres Bontoa Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Desain penelitian ini adalah True Eksperimental Desaign atau pre-test post-test control design yang melibatkan dua kelompok dipilih secara acak. Sebagai variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Inpres Bontoa Kota Makassar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 60 siswa, dengan jumlah sampel masing-masing kelas adalah 26 siswa. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen sehingga dilajutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan pendekatan saintifik di SD Inpres Bontoa Kota Makassar, melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan dalam pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Inpres Bontoa Kota Makassar meningkat dengan kategori tinggi setelah penerapan pendekatan saintifik; (3) Terdapat pengaruh yang siginifikan penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Inpres Bontoa Kota Makassar. Kata Kunci : Pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2019 04:08
Last Modified: 20 Jun 2019 04:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item