PENGARUH IMPLEMENTASI TIPE PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA MURID SDN 243 UJUNG SALANGKETO KEC. MARE KAB. BONE

Nurhaeni, Andi (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI TIPE PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA MURID SDN 243 UJUNG SALANGKETO KEC. MARE KAB. BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL A. NURHAENI.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran implementasi model pembelajaran investigasi kelompok di SDN 243 Ujung Salangkote Kecamatan Mare Kabupaten Bone. (2) Mengetahui gambaran kemampuan kerjasama murid di SDN 243 Ujung Salangkote Kecamatan Mare Kabupaten Bone. (3) Mengetahui implementasi model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama muris di SDN 243 Ujung Salangkote Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desaign Nonequivalent Control Group Design. Pada desaign ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok untuk eksperimen dan kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 31 orang siswa SDN 243 Ujung Salangketo Kec. Mare Kab. Bone. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasai SPSS 21 for windows. Dimana hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran Investigasi kelompok sebelum perlakuan berada pada kategori rendah dan sesudah perlakuan kemampuan kerjasama anak berada pada kategori tinggi. Analisis Inferensialnya menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran investigasi kelompok terhadap peningkatan kemampuan kerjasama siswa. Kata Kunci: kemampuan kerjasama, Investigasi Kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2019 04:02
Last Modified: 20 Jun 2019 04:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item