PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID SD INPRES 6/75 WELLULANG KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE

Sudarwati, Andi (2019) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID SD INPRES 6/75 WELLULANG KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL A. SUDARWATI.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan pembelajaran saintifik, motivasi belajar, dan pengaruh penerapan pembelajaran saintifik terhadap motivasi belajar murid SD Inpres 6/75 Wellulang Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental design yaitu dengan pre-test-posttest control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu pembelajaran saintifik dan variabel terikat yaitu motivasi belajar murid. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Inpres 6/75 Wellulang Kecamatan Amali Kabupaten Bone pada tahun ajaran 2018/2019, berjumlah 45 murid yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Sampel diambil secara acak berjumlah 45 murid dengan memperhatikan unsur-unsur homogenitas dari populasi tersebut, selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langkah yang sudah ditetapkan melalui tehnik matching group kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 22 murid. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh validitor ahli meliputi: Validasi Isi dan Validasi Empirik. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan pembelajaran saintifik di kelas IV SD Inpres 6/75 Wellulang Kecamatan Amali Kabupaten Bone yang terdiri dari tahap observasi, tahap perumusan masalah, tahap membuat hipotesis, tahap pengumpulan data dan tahap membuat kesimpulan, pada umumnya terlaksana dengan baik, (ii) motivasi belajar murid kelas IV SD Inpres 6/75 Wellulang Kecamatan Amali Kabupaten Bone sebelum penerapan pembelajaran saintifik berada pada kategori kurang termotivasi pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen. Setelah diberi perlakuan yaitu penerapan pembelajaran saintifik pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan motivasi belajar murid berada pada kategori termotivasi, dengan demikian nilai rata-rata tingkat motivasi belajar murid dan persentase peningkatan kelompok ekperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, (iii) terdapat pengaruh penerapan pembelajaran saintifik terhadap motivasi belajar murid kelas IV SD Inpres 6/75 Wellulang Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Kata Kunci : Pembelajaran saintifik dan motivasi belajar murid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:57
Last Modified: 20 Jun 2019 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13471

Actions (login required)

View Item View Item