Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Jigsaw dan Model Stad Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Barru

Aprianty, Revy and Mangesa, Riana Tangkin and Mappeasse, Muhammad Yusuf (2015) Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Jigsaw dan Model Stad Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2. Skripsi Revy Aprianty.docx

Download (26kB)

Abstract

Revy Aprianty, 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Jigsaw dan Model STAD Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Barru. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pembimbing Riana T Mangesa dan Muh.Yusuf Mappeasse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 1 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitian kelas X TKJ. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar model pembelajaran tipe Jigsaw dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran sistem operasi pada kompetensi dasar struktur sistem operasi open source. Sehingga hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sistem operasi yang menggunakan model kooperatif Jigsaw lebih tinggi jika dibandingkan dengan model kooperatif STAD pada materi struktur sistem operasi open source. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan model STAD memiliki perbedaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Barru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw, Kooperatif Tipe STAD
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:28
Last Modified: 21 Jun 2019 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item