Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Uang Kuliah Tunggal di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Hasanuddin, Hasanuddin and Ibrahim, Ibrahim and Syamsul, Syamsul (2019) Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Uang Kuliah Tunggal di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL HASANUDDIN (1364041006).pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak dan Bapak Syamsul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap implementasi Uang Kuliah Tunggal di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.(2) untuk mengetahui faktor determinan persepsi mahasiswa terhadap implementasi Uang Kuliah Tunggal di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliitian kualitatif merupakan suatu starategi yang menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, karakteristik, gejala, simbol, maupun deskripsi tentang suatu fenomena; menggunakan kualitas, serta disajikan dalam bentuk naratif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa terhadap implementasi Uang Kuliah Tunggal di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar adalah secara umum memberikan persepsi negatif atau belum sesuai dengan harapan dan aturan yang ada. Seperti adanya pembayaran lain di luar Uang Kuliah Tunggal, penggolongan Uang Kuliah Tunggal yang belum berjalan sebagaimana mestinya, Uang Kuliah Tunggal mahasiswa jalur mandiri tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, Kebijakan Kuliah Kerja Nyata berbayar, dan Uang Kuliah Tunggal mahasiswa di atas semester delapan bagi program Strata Satu (S1) dan diatas semester enam bagi program Diploma Tiga (D3) yang tidak mengalami penurunan. (2) Faktor determinan yang mempengaruhi terbentuknya persepsi mahasiswa terhadap implementasi Uang Kuliah Tunggal terdiri atas dua faktor yaitu faktor internal (sikap, harapan, perhatian, proses belajar, kebutuhan, minat, motivasi) dan faktor eksternal (informasi yang diperoleh,pengetahuan dan kebutuhan sekitar, intensitas, keberlawanan, ketidakasingan informasi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:34
Last Modified: 19 Jun 2019 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13445

Actions (login required)

View Item View Item