PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL KE DEPAN PESERTA DIDIK KELAS IV.A SD INPRES BONTO-BONTOA KAB. GOWA

Muh. Faisal M., Muh. Faisal M. (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL KE DEPAN PESERTA DIDIK KELAS IV.A SD INPRES BONTO-BONTOA KAB. GOWA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL - MUH. FAISAL M. (162050401007).pdf

Download (248kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil belajar Roll Ke depan dengan menerapkan Model kooperatif learning Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Kelas IV.A SD Inpres Bonto-Bontoa kab. Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan di siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil belajar Roll ke depan. Sumber data Penelitian ini adalah murid kelas IV.A SD Inpres Bonto-Bontoa kab. Gowa yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data Hasil Belajar Roll Ke Depan dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan, dan menggunakan lembar penilaian proses gerak servis atas serta data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis Kualitatif data hasil belajar Roll ke depan menunjukkan bahwa jumlah murid yang tuntas pada siklus I adalah 18 orang dengan persentase 50 %, dan jumlah murid yang tuntas pada siklus II adalah 34 orang dengan persentase 94,44 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Roll ke depan pada peserta didik kelas IV A. SD Inpres Bonto-Bontoa kab. Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 23:46
Last Modified: 18 Jun 2019 23:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item